Kinomaster

Millennials Take Over

cara upgrade GoPay Prakerja

Program Kartu Prakerja dari pemerintah merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang diperuntukkan buat para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Apalagi mengingat kondisi perekonomian yang serba susah di tengah pandemi seperti ini, kartu prakerja pastinya akan sangat membantu. Salah satu mitra prakerja yang bisa kamu gunakan untuk pencairan insentif kartu prakerja adalah GoPay. Namun, untuk bisa mencairkan insentif prakerja, sebelumnya Anda harus mengupgrade terlebih dahulu Gopay Anda menjadi GoPay Plus. Lalu bagaimana cara upgrade GoPay Prakerja?

Cara Upgrade GoPay Prakerja

 

Cara untuk upgrade GoPay menjadi GoPay Plus sangatlah praktis dan mudah. Cukup ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Gojek di smartphone
  • Klik menu GoPay, lalu pilih opsi “Lainnya”.
  • Selanjutnya, pilih Upgrade ke GoPay Plus.
  • Klik Upgrade Sekarang untuk melanjutkan.
  • Ambil foto KTP Anda (jika WNI), atau paspor (jika WNA).
  • Lalu ambil foto selfie memegang kartu identitas, pastikan gambarnya jelas.
  • Klik Upgrade ke GoPay Plus.

Setelah melakukan proses upgrade akun GoPay ke GoPay Plus, untuk melihat status akun GoPay anda cukup menuju menu Pengaturan pada fitur GoPay lainnya. Biasanya proses upgrade ini membutuhkan waktu 1×24 jam untuk verifikasinya.

Ada banyak promo menarik yang bisa Anda dapatkan setelah mengupgrade akun GoPay ke GoPay Plus, termasuk untuk pembelian paket data, pulsa, maupun berbelanja. Tak heran jika banyak yang memilih GoPay sebagai e-wallet terbaik untuk pencairan insentif Prakerja.

Bagaimana Syarat Daftar Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja sendiri merupakan bantuan dari pemerintah yang diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa biaya untuk mengikuti pelatihan keterampilan tertentu. Lalu, siapa saja yang bisa mendapatkan insentif kartu prakerja? Siapapun yang berhasil lolos seleksi Prakerja akan mendapatkan insentif untuk mengikuti pelatihan online. Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar kartu prakerja, diantaranya adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Telah selesai menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Tidak termasuk sebagai penerima bantuan sosial Kementerian Sosial.
  • Bukan Pejabat Negara, ASN, TNI/POLRI, anggota DPR/DPRD, Kepala Desa dan perangkat desa dan pegawai BUMN atau BUMD.
  • Bisa mendaftarkan 2 NIK dalam 1 KK untuk menjadi penerima kartu prakerja

Jika saat mendaftar kartu prakerja dan dinyatakan gagal, Anda masih bisa mengikuti gelombang berikutnya. Namun, jika sudah dinyatakan berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja, maka di gelombang berikutnya Anda sudah tidak bisa mendaftar lagi. Setelah dinyatakan lolos, maka Anda bisa mencairkan uang insentif prakerja. Sebagaimana pencairan Prakerja gelombang 14, bantuan yang diberikan oleh pemerintah sebesar Rp 1 juta untuk pelatihan, biaya mencari kerja Rp 600 ribu per bulan yang diberikan selama 4 bulan berarti menjadi Rp 2,4 juta. Kemudian, ada juga biaya pengisian survei sebesar Rp 50 ribu, dikalikan 3 kali pengisian survei berarti Rp 150 ribu.

Manfaat Memiliki Kartu Prakerja

 

Dengan memiliki kartu prakerja banyak manfaat yang bisa Anda peroleh. Tak cuma untuk meningkatkan skill dan kualitas diri, namun beberapa keuntungan ini juga bisa Anda dapatkan, mulai dari meningkatkan keterampilan di berbagai bidang, seperti penjualan & pemasaran, bisnis, manajemen, bahasa asing, dan masih banyak lagi. Kemudian, Anda bisa mendapatkan insentif bulanan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam mencari kerja. Selain itu, sertifikat pelatihan yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk meningkatkan nilai tambah dalam mencari kerja.

Nah, tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti program kartu Prakerja dan pilih e-wallet paling praktis dan mudah yaitu GoPay. Nikmati banyak keuntungan dan kemudahan khusus prakerja untuk pembelian berbagai kebutuhan harian Anda dengan GoPay Plus. Upgrade akun GoPay Anda sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page