Jenis-Jenis Pisang yang Cocok Jadi Teman Dietmu

Diet merupakan salah satu cara agar tubuh terlihat ramping, ideal dan cantik. Beraneka macam program diet yang diputar di dunia maya juga dunia nyata. Mulai dari program yang alami hingga program diet yang berbahan dasar kimia.

Program diet secara kimia dapat memberikan hasil yang negatif di kemudian hari. Jadi menghindari penggunaan program diet agar tubuh terhindar dari bahaya yang akan datang. Meskipun membutuhkan waktu yang lama dibandingkan dengan program diet kimia, namun sekarang program diet alami sudah mulai menjamur di masyarakat. Dan buah pisang menjadi salah satu cara untuk menyeimbangkan dietmu.

Kandungan serat dan kalori yang cukup tinggi pada buah pisang baik untuk menunjang atau mendukung program diet yang sedang dilakukan. Buah pisang mengandung gula alami, serat, kalium, vitamin C dan vitamin B serta kaya akan antioksidan. Pisang mengandung sifat anti-inflamasi yang cocok digunakan untuk diet.

Namun, penggunaan pisang untuk diet dapat membantu konsumsinya lebih dari 3 buah pisang dalam sehari.

Berikut jenis pisang yang dapat digunakan untuk program diet :

1. Pisang Cavendish

Pisang ini memiliki ciri khas yang unik. Memiliki aroma yang unik dan berbentuk lonjong ramping. Pisang Cavendish memiliki daging yang tebal, dan memiliki tekstur yang lembut. Rasanya pun sangat manis.

2. Pisang Kepok

Pisang kedua yang baik untuk diet adalah pisang kepok. Pisang ini sudah sangat umum dan banyak dijual di pasar. Pisang kepok memiliki kandungan lemak dan gula yang sangat rendah, sehingga cocok jika digunakan untuk diet .

Selain untuk program diet, pisang kepok juga dapat menurunkan tingkat diabetes dalam tubuh. Karena pisang kepok mengandung banyak vitamin B yang dapat menyeimbangkan proses konsumsi dalam tubuh.

3. Pisang Mas

Pisang yang memiliki ukuran kecil ini juga dapat digunakan untuk diet. Meski dengan bentuk yang kecil, pisang mas memiliki kandungan karbohidrat, Vitamin B, Vitamin A dan juga mineral yang tinggi. Pisang mas dapat digunakan sebagai campuran salad atau dapat juga dikonsumsi oleh langsung.

4. Pisang Raja

Pisang ini memiliki bentuk yang besar dan memiliki banyak daging. Pisang ini juga mengandung banyak vitamin dan juga zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pisang Raja dapat dikonsumsi dengan segelas susu, sehingga dapat digunakan menu makan siang atau sarapan.

5. Pisang Belitung

Berbentuk panjang dan besar, sehingga mampu mengganti asupan yang masuk pada tubuh. Tubuh akan terasa kenyang lebih lama sehingga tidak perlu lagi mengonsumsi nasi dalam porsi banyak.

Itu tadi beberapa jenis pisang yang bisa digunakan saat program diet . Pisang-pisang tersebut dapat dikonsumsi saat sarapan, saat makan siang, dan juga di sore hari. Karena pada umumnya buah pisang tetap enak jika dikonsumsi kapanpun, namun lebih baik jika dikonsumsi sebelum makan besar.

Tidak hanya menggunakan buah pisang, diet keberhasilah yang dilakukan juga harus diimbangi oleh olahraga, dan asupan gizi lainnya, seperti mengkonsumsi buah buah yang banyak mengandung serat, dan juga  banyak banyak mengkonsumsi kurma.

Baca juga: 7 buah yang wajib dikonsumsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *