Gak Ada Kata Terlambat, Ini 5 Tips Trading dengan RHB

belajar trading

Di zaman yang serba digital saat ini, ada banyak hal yang bisa dipelajari dengan mudah, salah satunya belajar trading. Sayangnya, banyak trader, terutama yang masih pemula, bingung harus memulai dari mana. Apalagi, trading memang memiliki cakupan yang cukup luas dan harus selalu dipelajari meskipun sudah profesional sekalipun.

Ada beberapa orang yang langsung men-download aplikasi saham online apapun kemudian langsung menggunakannya. Penerapan metode learning by doing ini bisa saja efektif, namun bagi yang belum mengetahui dasar-dasarnya, ada baiknya menyimak beberapa sumber berikut yang dapat digunakan sebagai pondasi sebelum berkecimpung dalam dunia trading saham.

Sumber Belajar Trader Pemula

Mempelajari aktivitas trading memang bukan merupakan hal yang mudah. Diperlukan konsistensi dan pemahaman yang baik sehingga Smart People semakin lancar menjalankan trading secara maksimal. Berikut beberapa sumber belajar yang bisa dimanfaatkan.

1. Senior dan ahli

Biasanya, kita akan tertarik dengan trading saham apabila sudah melihat kesuksesan dari orang lain. Semisal teman atau kerabat sudah lama menjalankan aktivitas saham dan menuai kesuksesan, tidak ada salahnya jika Smart People bertanya-tanya guna mendapatkan ilmu yang berharga dari rekan-rekan yang bahkan sudah memiliki jam terbang tinggi.

Dengan berbekal pengalaman yang mereka miliki, tentu Smart People yang sedang belajar trading akan sama-sama mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Akan lebih baik lagi jika belajar dilakukan secara face to face sehingga Smart People akan lebih paham. Jangan lupa mencatat trik dan tips mengenai dasar-dasar dan cara menjalankan trading secara benar.

2. Buku trading terbaru

Semakin lama, semakin banyak orang yang tertarik dengan perdagangan saham alias trading, terlebih dengan hasil yang terbilang menggiurkan. Meski demikian, pastikan Smart People juga mendasari diri dengan berbagai informasi melalui berbagai sumber seperti buku.

Buku-buku ini tentu merupakan pengalaman, tips, hingga berbagai strategi dari orang-orang yang sudah sukses dan ahli di bidang trading saham itu sendiri.

Ada banyak buku dari penulis dalam dan luar negeri yang seringkali menjadi rekomendasi. Ada baiknya jika buku yang dipilih memang merupakan buku-buku rekomendasi yang tidak hanya sekadar teori namun dapat memberi gambaran luas mengenai aktivitas saham dan segala informasi di baliknya.

Salah satu buku yang banyak direkomendasikan adalah Security Analysis dari Benjamin Graham dan David L. Dodd. Bisa dibilang, buku ini menjadi “kitab suci” buat Smart People yang ingin terjun di dunia saham. Apalagi, buku yang berisi teori investasi dan analisis prospek ini direkomendasikan langsung oleh investor terkemuka Warren Buffet.

3. Youtube

Bagi pengguna gadget seperti handphone atau komputer, menonton Youtube bisa menjadi salah satu aktivitas di waktu luang. Selain buku-buku dan blog yang sifatnya visual, Smart People juga dapat memanfaatkan beberapa kanal Youtube supaya lebih memahami informasi saham dan trading secara audio-visual.

Salah satu rekomendasi channel Youtube yang wajib diikuti adalah RHB Sekuritas Indonesia. Di YouTube trading rhb ini, Smart People dapat mengamati kondisi pasar saham secara update maupun informasi lain yang bermanfaat. Tidak jarang, ada berbagai masukan yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam melakukan trading saham. Berikut link YouTube dari RHB https://www.youtube.com/user/rhbgroup/featured.

4. Kanal berita

Selain dari berbagai sumber di atas, manfaatkan juga berbagai kanal berita online maupun surat kabar, terutama pada rubrik keuangan yang banyak membahas keadaan ekonomi maupun saham secara keseluruhan. Sumber belajar ini bisa menjadi referensi tambahan, terutama buat Smart People untuk mendukung analisis fundamental suatu perusahaan.

Kanal berita ini sedikit banyak juga akan memberikan banyak informasi terkait fitur terbaru dari sebuah aplikasi saham online. Misalnya pada saat RHB Tradesmart meluncurkan fitur Smart Fee dimana ketika trader membeli/menjual saham dengan nominal yang semakin besar maka biaya feenya semakin kecil, banyak media yang meliput dan memberitakannya sehingga semakin banyak lagi calon pengguna yang mengetahui segala kelebihannya.

Berbagai berita yang dapat diakses melalui media online maupun secara langsung ini juga tidak jarang memberikan informasi pergerakan harga secara periodik dari waktu ke waktu. Yang terpenting, pastikan Smart People senantiasa update dengan berita yang tersedia supaya tidak ketinggalan info terbaru.

5. Blog artikel RHB

Sumber belajar lain yang bisa menjadi rujukan adalah blog atau artikel yang ada di sejumlah situs sekuritas. Salah satu contohnya seperti yang disediakan oleh RHB Tradesmart dengan berbagai artikel kekinian di fitur blog pada web maupun aplikasi RHB tanpa khawatir akan mengalami lag atau error.

Blog semacam ini tentu sudah dibuat sedemikian rupa oleh pihak sekuritas yang telah ahli dan berpengalaman di bidangnya. Bahkan tidak jarang, Smart People juga akan mendapat gambaran secara detail mengenai suatu aplikasi yang disediakan oleh pihak sekuritas melalui blognya.

Isi blog ataupun artikel yang dimuat juga sudah pasti beragam. Mulai dari pengetahuan mendasar mengenai cara memulai belajar trading saham, bagaimana trik mendapatkan hasil trading yang memuaskan, bahkan informasi mengenai rekomendasi fitur untuk hasil trading yang maksimal.

Apabila Smart People ingin menikmati fitur tersebut, segera download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store ataupun App Store. Nah, tunggu apa lagi, nikmati fitur-fitur RHB sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page