Kinomaster

Millennials Take Over

efaktur pajak

Efaktur pajak sejatinya sama halnya dengan faktur pajak manual yang selama ini kamu dapatkan dari Pengusaha Kena Pajak. Efaktur ini menjawab kehausan kita akan kecanggihan teknologi untuk memudahkan urusan kita soal pajak. Dimana selama ini tentunya sangat banyak kekurangan yang kamu rasakan apabila menerbitkan faktur pajak secara manual.

Kekurangan faktur pajak manual adalah seringnya terjadi manipulasi yang terjadi di Pengusaha Kena Pajak, ataupun administrasi pajak yang kurang transparan dan hilangnya slip faktur pajak yang kita punya padahal sangat dibutuhkan. Sebenarnya kekurangan faktur pajak manual ini sangat banyak, maka dari itu efaktur pajak adalah sebuah gagasan yang sangat tepat untuk menjawab berbagai persoalan tersebut.

Kali ini kita akan mencoba membahas terkait efaktur pajak, baik itu soal pengertiannya, kemudian bagaimana kamu bisa membuatnya dan juga apa saja kegunaannya. Dengan begitu proses pelunasan pajak bisa terproses dengan transparan, kemudian akurasi tinggi dan lebih memudahkan.

Pengertian Singkat Efaktur Pajak

Efaktur pajak merupakan sebuah sistem yang berbentuk aplikasi yang bisa kamu pakai untuk menerbitkan faktur pajak secara elektronik atau online. Nah faktur pajak elektronik merupakan sebuah bukti bahwa kamu telah memenuhi pungutan Pajak Pertambahan Nilai akan aset yang kamu punya.

Efaktur pajak bisa kamu isi melalui aplikasi digital tersebut yang memang telah diresmikan oleh Direktorat Jenderal Pajak online. Bagi pelaku atau Pengusaha Kena Pajak wajib harus membuat efaktur pajak yang resmi di mata Direktorat Jenderal Pajak dan kemudian melaporkannya ke Direktorat Jenderal Pajak secara transparan.

Bagaimana Cara Membuat Efaktur Pajak?

Dalam proses pembuatan efaktur pajak tentunya ada beberapa ketentuan untuk hardware dan juga software yang harus kamu gunakan. Jika E-Billing memang bisa kamu lakukan lewat ponsel, namun untuk aplikasi efaktur pajak kamu harus menggunakan perangkat yang kompeten, diantaranya:

  • Hardware

  1. Minimal prosesor dual core
  2. Untuk ribuan efaktur pajak yang terbit kamu membutuhkan 3GB RAM agar lancar
  3. Hard disk 50GB
  4. Resolusi VGA 1024×768
  5. Mouse dan juga keyboard
  • Software

  1. Menggunakan OS Linux/Microsoft Windows/MacOS
  2. Mempunyai Java versi 1.7
  3. Dan juga ada Adobe Reader

Dan pastikan ya kalian mempunyai koneksi internet yang mumpuni sehingga saat penerbitan efaktur pajak dari aplikasi ini bisa berjalan lebih lancar. Setelah perangkat sudah memenuhi maka kalian langsung bisa melakukan tahapan langkah berikut ini agar bisa menggunakan aplikasi efaktur pajak secara tepat.

  • Download aplikasi efaktur pajak yang berkesesuaian dengan software kamu.
  • Lanjutkan dengan mengekstrak aplikasi tersebut memakai WinRaR maupun zip.
  • Buka E-Nofa guna melakukan konfigurasi untuk mendapatkan sertifikat elektronik dan password. Selain itu ajukan permintaan NSFP sesuai dengan kebutuhan efaktur pajak usahamu.
  • Selanjutnya guna pajak keluaran, maka kamu perlu mengisikan NSFP pada Referensi menu, kemudian referensi nomor faktur dan lanjut ke riwayat (rekam) range efaktur pajak.
  • Lalu untuk pajak masukan, kamu bisa memilih menu faktur dan memilih pajak masukan.
  • Kamu perlu mengisikan berbagai data pada menu administrasi faktur dan kemudian rekam faktur.
  • Nah untuk data pajak yang lebih dari satu kamu bisa memilih menu impor kemudian impor file dan lanjut pilih proses impor.
  • Lalu pilih preview ya dan pastikan data semuanya benar (jika perlu diubah silahkan pilih Ubah).
  • Lakukan pengecekan panel status Approval. Jika Reject atau ditolak maka unduhan kamu akan efaktur pajak gagal. Dan jika itu terjadi maka ceklah panel keterangan untuk memahami apa saja penyebab efaktur pajak gagal.

Untuk kamu yang dalam usaha maupun bisnisnya belum mempunyai akuntan untuk mengurusi pajak usaha tersebut maka berikut ada beberapa istilah yang harus kamu pahami soal efaktur pajak.

  • exe merupakan file yang bisa kamu pakai untuk membuat efaktur pajak, file ini perlu kamu update setiap waktu.
  • Folder DB merupakan lokasi kamu menyimpan segala riwayat faktur yang telah kamu buat dan file tersebut hanya bisa kamu copy serta tak bisa diubah.
  • Back up akan membantu kamu memperoleh salinan data yang telah kamu isikan.
  • File folder update merupakan sebuah folder yang akan mempermudah kamu untuk melakukan auto update aplikasi.
  • bat merupakan sebuah file yang berisikan alokasi RAM yang bisa kamu lakukan secara manual ketika akan menjalankan aplikasi efaktur pajak.

Kegunaan Efaktur Pajak yang Perlu Kamu Kenali

Pada dasarnya adanya efaktur pajak tujuannya adalah untuk menurunkan beredarnya faktur pajak yang fiktif. Namun secara umum masih banyak lagi loh kegunaan efaktur pajak ini, meliputi:

  • Bagi Pengusaha Kena Pajak

  1. Bagi PKP Penjual: tanda tangan kamu lakukan secara online, efaktur bisa tersimpan dalam bentuk file maupun cetak, dengan aplikasi efaktur pajak maka kamu bisa menerbitkan SPT masa PPN secara otomatis, dan pembuatan NSFP kamu bisa lakukan secara online lewat E-Nofa tanpa berkunjung ke Kantor Pelayanan Pajak.
  2. Bagi PKP Pembeli: pasti mendapatkan efaktur pajak yang resmi atau asli. Hal ini dilakukan melalui QR Code. Nah QR Code hanya bisa terakses melalui aplikasi yang sudah kamu unduh di ponselmu. Dan QR Code menjadi kunci sebuah efaktur pajak tersebut asli atau palsu.
  • Bagi Direktorat Jenderal Pajak Maupun Pemerintah Secara Umum

Tentunya dengan adanya efaktur semua proses perpajakan bisa terkontrol dan terkendali dalam pengawasan Direktorat Jenderal Pajak. Termasuk meminimalisir adanya faktur fiktif yang merugikan banyak pihak diantaranya masyarakat wajib pajak. Semua pelayanan juga berlangsung lebih mudah loh baik itu pemeriksaan, kemudian pelaporan dan juga pembuatan NSFP juga lebih mudah. Serta meminimalisir kecurangan yang dilakukan oleh Pengusaha Kena Pajak dalam urusan efaktur.

Nah itulah tadi seputar efaktur pajak yang harus kamu kenali maupun pahami yaa. Secara umum memang adanya efaktur juga membantu menjaga lingkungan dalam pengurangan pemakaian kertas untuk faktur pajak. Selain itu juga akan membuat mereka yang wajib pajak bisa disiplin tepat waktu menunaikan kewajibannya membayar pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page