Bahaya Kopi yang Mengintai Kita Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Bagi pecinta kopi, tentunya tidak akan melewatkan satu haripun tanpa kopi. Minum kopi  dapat memberi manfaat bagi tubuh diantaranya : Meningkatkan fokus, mempertajam daya ingat dan meningkatkan stamina.

Namun perlu diketahui, terlalu banyak mengonsumsi kopi juga dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan kopi. Jadi batasi konsumsi kopi yang anda minum dalam setiap harinya dengan mengurangi minum kopi. Agar anda semakin bijak dalam mengonsumsi kopi, sebaiknya simak beberapa efek negatif jika terlalu banyak mengonsumsi kopi berikut ini :

Menyebabkan sakit kepala

Konsumsi kafein berlebih yang terkandung pada kopi dapat memicu sakit kepala. Bagi yang sudah candu dengan kopi akan merasakan hal yang sebaliknya pula, yakni merasa sakit kepala jika tidak minum kopi.

Namun perlu diketahui, agar tidak menimbulkan sakit di masa yang akan datang, sebaiknya lebih bijaksana dalam mengonsumsi kopi.

Membuat jantung berdetak lebih kencang

Konsumsi kafein bisa berdampak pada kondisi atrial fibrillation dengan respons vertrikular yang tinggi, sehingga menyebabkan gagal jantung.

Kecanduan

Kafein pada kopi dapat menjadi stimulan sistem saraf pusat, sehingga dapat membuat peminumnya mengalami efek candu. Namun konsumsi yang tidak berlebih tentunya masih pada tingkat yang aman.

Efek kecanduan kopi mungkin tidak menyebabkan hal yang fatal, namun anda akan merasa tidak nyaman ketika dalam sehari belum minum kopi. Selain itu anda akan merasa pusing, tidak enak badan, dan lain sebagainya.

Meningkatkan resiko hipertensi

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu efek negatif jika terlalu banyak mengonsumsi kopi. Efek stimulan yang diberikan kopi dapat membuat pembuluh darah menyempit hingga menyebabkan hipertensi.

Meningkatkan resiko keguguran

Kafein pada kopi dapat membuat janin tidak dapat berkembang dengan baik. Sehingga dapat menyebabkan keguguran pada saat hamil muda. Disarankan bagi ibu hamil agar tidak mengonsumsi kopi selama masa kehamilannya.

Menyebabkan mandul

Bagi wanita yang ingin memiliki keturunan, sebaiknya menjaga diri agar tidak minum kopi. Kandungan kafein dapat mempengaruhi sistem metabolisme dan produksi hormon estrogen pada wanita. Sehingga wanita akan sulit hamil, bahkan dapat mandul.

Menyebabka Nyeri Pinggang

Encok atau nyeri pinggang ternyata dapat disebabkan karena terlalu banyak minum kopi. Namun tidak hanya kopi, semua minuman yang mengandung kafein dapat membuat seseorang lebih mudah terkena penyakit nyeri pinggang.

Sering Buang Air Kecil

Konsumsi kopi yang berlebih dapat membuat wanita sering buang air kecil dalam kapasitas yang sedikit. Artinya, urin yang dikeluarkan hanya sedikit namun sering. Hal ini juga dapat memicu penyakit saluran kemih.

Meningkatkan resiko stroke

Stroke juga dapat disebabkan oleh banyaknya kafein yang dikonsumsi. Kafein tersebut dapat mempersempit pembuluh darah sehingga suatu saat dapat menyebabkan stroke.

Menyebabkan Dehidrasi

Hal ini ditandai dengan seringnya anda buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh juga akan ikut terbuang melalui urin yang dikeluarkan. Imbangi minum kopi dengan minum air putih.

Setelah mengetahui beberapa dampak negatif dari minum kopi, tentunya kita sebagai orang yang menyayangi kesehatan akan lebih bijaksana dalam menentukan mana yang baik bagi tubuh dan yang tidak.

Mengurangi kafein yang masuk pada tubuh tidak hanya dimulai mengurangi konsumsi kopi, tapi beberapa minuman lain yakni cola, teh, dan minuman instan yang berada di swalayan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *