Kinomaster

Millennials Take Over

manfaat investasi mata uang asing hari ini

Investasi merupakan sebuah cara menabung yang aman dan banyak pula orang yang menyukainya. Di jam sekarang pun sudah banyak berkembang instrument investasi, dari mulai bergabung pada sebuah franchise, nabung emas, beli saham, dan tidak ketinggalan kamu juga bisa mencoba investasi mata uang asing atau valas. Namun sayangnya banyak dari kita tidak tahu menahu apasa saja manfaat investasi mata uang asing hari ini dan bingung juga mau pilih mata uang asing yang mana yang harus dibuat invest.

Mata uang asing selain kamu butuhkan untuk bepergian ke luar negeri kamu juga bisa menjadikannya sebagai instrument investasi yang mempunyai nilai manfaat yang beragam. Selain nilai tukarnya yang memungkinkan untuk mengalami kenaikan secara drastis ada berbagai manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan. Kita juga akan merekomendasikan kepada kalian mana valas yang menguntungkan untuk dijadikan investasi.

Manfaat Investasi Mata Uang Asing Hari Ini

Ada banyak mata uang asing yang bisa kamu jadikan alat investasi namun tentunya sebelum kamu benar-benar mencobanya kita ulas dulu manfaat investasi mata uang asing yang bisa kamu dapatkan.

  • Mudah Beli Barang Impor

Saat kita ingin membeli barang impor tentu kita harus memperhatikan kurs rupiah pada saat itu. Apabila nilai tukar dari rupiah terhadap US Dolar melemah tentu hal ini akan membuat barang yang akan kamu beli menjadi mahal harganya.

Contoh barang yang harganya terpengaruh dengan kurs rupiah adalah barang elektronik entah itu smartphone maupun komputer. Nah jika kamu punya mata uang asing, tentu hal ini tidak akan berpengaruh buat kamu. Kamu bisa langsung membeli tanpa memperhatikan nilai kurs rupiah. Kamu pun bisa menukar uangmu ketika kurs rupiah sedang tinggi yaa agar tidak terlalu mahal.

  • Memperlancar Kegiatan Traveling

Bagi kamu yang suka traveling ke luar negeri tentu punya simpanan mata uang asing akan sangat menguntungkan dimana kamu tidak perlu tukar terlebih dahulu ketika mendadak punya jadwal tarveling. Nah dolar Amerika adalah yang paling populer dan bisa kamu bawa traveling di berbagai negara.

Selain nilainya yang stabil, dolar Amerika juga akan memudahkan kamu ketika akan tukar di negara tujuan. Nilainya yang tidak berkurang tentu akan menjaga budget tarvelingmu menjadi lebih terkontrol yaa.

  • Kirim Dana Pendidikan Lebih Mudah

Ketika kamu punya anak yang sekolahnya di luar negeri tentu akan sangat menguntungkan jika kamu punya tabungan mata uang asing. Kamu pun bisa menjadikannya produk investasi sehingga sebelum anak berangkat ke luar negeri kamu sudah punya simpanan untuk biaya hidup mereka disana.

Ingat yaa jika kamu memilih untuk tidak menabung dengan mata uang asing, bisa-bisa ketika anak kita sekolah ke luar negeri kurs rupiah melemah sehingga alangkah baiknya jika punya investasi mata uang asing mulai sekarang.

  • Terjadi Fluktuasi Kurs Dolar

Apabila kita melihat kurs dolar beberapa tahun terakhir terus mengalami perlonjakkan. Seumpama kamu punya tabungan dolar dari tahun 2018 saja sampai sekarang dan tidak kamu gunakan. Coba kalikan denga kurs dolar sekarang tentu kamu akan mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Fluktuasi kurs dolar yang terus meningkat menjadikannya sebuah instrument investasi yang bisa kamu pilih. Dan akan memberikan kamu keuntungan lagi ketika kamu gunakan untuk membeli barang elektronik, dimana yang kita tau harganya bisa stabil kalau kita belinya pakai dolar.

  • Bisa Menjadi Diversifikasi Kekayaan

Manfaat invetasi mata uang asing hari ini berikutnya adalah sebagai diversifikasi kekayaan. Nah untungnya adalah saat nanti rupiah melemah maka aset mata uang asing kamu akan tetap stabil. Sehingga aset kamu tidak berubah dan malah bisa jadi naik dan bisa kamu jadikan sebagai modal untuk memulai bisnis baru yang bisa melipat gandakan asetmu.

Rekomendasi Investasi Pakai Mata Uang Asing

Dari manfaat investasi mata uang asing hari ini tentunya kita sudah bisa menilai mana mata uang yang paling populer dan menawarkan banyak keuntungan. Berikut ini beberapa mata uang asing yang bisa kamu coba invetasikan untu masa depan kalian.

  • Dolar Amerika

Yang paling populer dan laris adalah investasi dolar US. Kenapa? Tentunya kita bisa bisa melihat fluktuasi dolar dimana beberapa tahun terakhir yang tanpa penurunan bahkan cenderung naik. Per 2021 saja dolar sudah mencapai angkat 15.000 untuk $1. Dan coba kalikan, ketika kamu setiap hari dari tahun 2018 menabung $1 akan menjadi berapa?

Selain itu mata uang dolar US lebih mudah penukarannya di luar negeri dan tentunya apabila kamu gunakan sebagai modal traveling tidak akan mengalami perubahan yang terlalu besar.

  • Euro

Selanjutnya ada euro dimana merupakan mata uang Eropa yang per 1 euronya seharga 18.000. Hal ini membuat euro bisa kamu jadikan opsi produk investasi yang kamu pilih guna menjaga asetmu agar tidak mengalami penurunan secara drastic.

  • Poundsterling

Merupakan mata uang Inggris yang harga tukar rupiahnya bisa sampai 21.000 per poundsnya. Hal ini didukung juga oleh keputusan Inggris dimana mengeluarkan diri dari Uni Eropa dan menjadikan nilai tukarnya menjadi semakin mahal. Kamu juga bisa mengoleksi valas poundsterling ini untuk investasi masa depan.

  • Yen

Yen merupakan mata uang  yang bisa kamu pertimbangkan juga sebagai produk investasi yang kamu pilih. Namun sebaiknya kamu juga punya strategi agar lebih untung. Yaitu untuk awal kamu tukar saja dari rupiah ke yen. Meskipun nilainya kecil yaitu 131 rupiah untuk 1 yen, tetapi berbeda lagi jika kamu menukarnya nanti dengan dolar US. Karena untuk $1, kamu cukup menyiapkan 105 sampai dengan 110 yen.  Nantinya apabila kamu rupiahkan tentu akan menjadi mahal bukan?

  • Dolar Singapura

Dolar singapura bisa juga kamu jadikan tabungan masa depan loh, ini juga lebih menguntungkan apabila kamu lebih sering transaksi di Asia Tenggara yaa. Dimana untuk fluktuasinya cenderung stabil yaitu per 1SGD kamu perlu 10.000 sampai 11.000 saja.

Itu cuma sebagian yaa dari mata uang asing yang bisa kamu pergunakan untuk investasi. Masih ada yang lain seperti Rial omar, Dinar Kuwait dan sebagainya.

Untuk selanjutnya yang perlu kamu pahami lagi adalah aturan yang berlaku di bank untuk penukaran mata uang asing. Selain itu siapkan tempatnya untuk menyimpan mata uang asing dan sebagainya. Kamu bisa bertanya terlebih dahulu terkait manfaat investasi mata uang asing hari ini yang bisa kamu dapatkan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan keuntungan berkali-lipat dan pada akhirnya asetmu bisa bertambah banyak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page