Kinomaster

Millennials Take Over

Apa Itu Asuransi Penyakit Kritis dan Apakah Anda Membutuhkannya

Salah satu bentuk perlindungan penyakit kritis yang dapat terjadi di kemudian hari adalah lewat asuransi, tepatnya asuransi kesehatan. Secara spesifik, jenis asuransi ini disebut sebagai asuransi penyakit kritis.

Lalu, apa yang dimaksud sebagai asuransi penyakit kritis, seperti apa cara kerjanya, dan apakah Anda benar-benar membutuhkan produk asuransi yang satu ini, ya? Untuk penjelasan lengkapnya, simak ulasannya berikut ini, yuk!

 

Apa Itu Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi penyakit kritis merupakan jenis polis asuransi di mana pemegang polis akan mendapatkan kompensasi apabila ia didiagnosis menderita penyakit parah (kritis). Dengan begitu, perusahaan asuransi akan membayarkan biaya perawatan dan penanganan medis yang timbul karena adanya penyakit tersebut.

Produk asuransi yang satu ini umumnya dapat Anda beli terpisah dari asuransi kesehatan. Tapi, Anda bisa pastikan dengan pihak perusahaan asuransi kesehatan Anda dulu apakah mereka juga menyediakan asuransi penyakit kritis atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan proteksi berlapis-lapis dari berbagai risiko kesehatan yang mengintai di masa depan.

 

Seperti Apa Cara Kerja Asuransi Penyakit Kritis?

Sebagaimana produk asuransi pada umumnya, Anda juga harus membayar premi secara rutin jika Anda sudah membeli asuransi penyakit kritis. Selama Anda membayar premi dengan tertib, Anda pun akan terlindungi dari risiko karena penyakit yang dapat timbul.

Harga polis asuransi penyakit kritis sendiri bergantung pada berbagai faktor, seperti usia, faktor risiko pribadi dan kondisi kesehatan Anda secara umum, berapa jumlah tertanggung (individu atau seluruh keluarga), berapa banyak jenis penyakit yang ditanggung, kebiasaan dan gaya hidup, dan apakah Anda membeli asuransi penyakit kritis untuk melengkapi polis asuransi jiwa/kesehatan yang sudah ada (rider) atau sebagai polis terpisah.

Bicara soal daftar penyakit yang ditanggung dalam polis, biasanya perusahaan asuransi akan menjelaskan poin-poin berikut:

  • Definisi penyakit yang ditanggung.
  • Dalam kondisi apa uang pertanggungan cair.
  • Masa tunggu sampai Anda bisa merasakan manfaat asuransi penyakit kritis (jika ada).
  • Persentase dari total manfaat yang dibayarkan saat terjadi klaim.
  • Apa yang mungkin terjadi jika penyakit muncul untuk kedua kalinya.

Manfaat yang Anda peroleh dari asuransi penyakit kritis bisa Anda gunakan untuk berbagai biaya yang dibutuhkan selama masa perawatan penyakit. Contohnya biaya hidup sehari-hari, rawat jalan, biaya perawatan yang tidak ter-cover asuransi, biaya perjalanan untuk perawatan, dan lain sebagainya.

Asuransi Penyakit Kritis, Perlukah?

Selalu ada kemungkinan bahwa Anda ternyata tidak pernah mengajukan klaim meskipun Anda rutin membayar polis karena kondisi Anda selalu sehat selama masa pertanggungan berlangsung. Atau, Anda bisa jadi langsung mengajukan klaim hanya dalam waktu 1-2 tahun sejak membeli polis asuransi penyakit kritis, sehingga Anda dan keluarga pun tenang karena biaya perawatan dan pengobatan dapat ditutupi oleh asuransi.

Oleh karena itu, pertimbangkan dengan cermat ketika Anda akan membeli polis asuransi penyakit kritis. Dengan begitu, Anda tidak berujung membayar premi yang terlalu mahal karena manfaat yang melebihi kebutuhan Anda, atau malah membayar premi terlalu murah dengan manfaat yang ternyata tidak bisa menutupi kebutuhan.

Pertimbangkan seberapa besar risiko Anda menderita penyakit kritis dalam jangka pendek maupun panjang, riwayat penyakit kritis dalam keluarga, apa saja yang ditanggung oleh asuransi kesehatan Anda saat ini, dan kesiapan Anda serta keluarga dari segi finansial jika tiba-tiba Anda sakit parah dalam beberapa tahun ke depan.

Itu dia rangkuman penjelasan mengenai asuransi penyakit kritis. Semoga artikel di atas bisa membantu Anda memahami dan memilih asuransi penyakit kritis dengan lebih cerdas dan bijak, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page