Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang sangat mengganggu. Jerawat dapat mengurangi rasa percaya diri kita, terutama saat tampil di tempat umum misalnya pada saat kondangan, ke pasar, dan lainnya. Banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat salah satunya dengan menggunakan air garam.

Air garam dapat mengatasi jerawat yang disebabkan oleh infeksi bateri yang membuat peradangan sehingga pori-pori yang tersumbat menjadi merah, bengkak, dan nyeri.

Cara kerja air garam dalam mengatasi jerawat yaitu :

  1. Mencegah Pertumbuhan Bakteri
    Bakteri yang ada pada wajah kita akan mati kerena kandungan air pada bakteri diserap oleh garam. Proses pengeluaran air ini disebut dengan osmosis.
  2. Detoksifikasi
    Air garam juga dapat menyerap racun di kulit sehingga air garam yang meresap pada kulit wajah dapat melancarkan peredaran darah serta mengembalikan kelembaban kulit.
  3. Eksfoliasi
    Tujuan dari proses eksfoliasi yakni mengelupas sel-sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori wajah. Proses ini juga dapat membuat kulit menyerap produk skincare dan obat jerawat dengan lebih baik.

Menggunakan air garam untuk menghilangkan jerawat akan terasa sedikit perih. Mari kita simak tahap-tahap cara Hilangkan Jerawat Dengan Air Garam :

  1. Campurkan satu gelas air hangat dengan tiga sendok makan garam.
  2. Aduk campuran kedua zat tersebut hingga merata. Apabila menggunakan garam grosok, garam dapat dihaluskan terlebih dahulu agar muah larut.
  3. Masukkan kain bersih kedalam larutan air tersebut, kemudian usapkan pada area yang berjerawat. Tempelkan kain tersebut hingga 3 menit lamanya.
  4. Setelah itu basuh seluruh permukaan wajah dengan sisa air garam. Usahakan mata dan mulut tertutup.
  5. Bilas wajah dengan air bersih, kemudian keringkan dengan cara ditekan-tekan secara perlahan bukan dengan diusap.

Itu tadi cara mengatasi jerawat menggunakan air garam. Namun penting bagi kita untuk menjaga jenis makanan agar tidak menimbulkan jerawat. Hindari makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi. Apabila semakin hari kondisi jerawat tidak berangsur hilang, segera priksakan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *