Ada Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Cek Kecepatan

cek kecepatan jaringan

Cek kecepatan jaringan menjadi hal pertama yang dilakukan banyak orang, sebelum melakukan kegiatan internet, antara lain bermain game online, streaming YouTube, ataupun aktivitas serupa lainnya. Cara ini cukup penting karena Anda bisa mengetahui berapa kecepatan internet yang dimiliki agar dapat mendukung aktivitas tanpa gangguan.

Persiapan Sebelum Uji Kecepatan Jaringan

Sebelum melakukan cek kecepatan jaringan, sebaiknya lakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Ada beberapa langkah penting agar hasil uji kecepatan internet sesuai dengan harapan yaitu:

1. Me-restart modem

Tips pertama yang harus dilakukan adalah me-restart modem atau router terlebih dahulu. Modem atau router adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan internet melalui WiFi internet cepat maupun kabel LAN.

Cara ini akan membantu Anda secara efektif memulihkan kembali jaringan internet terutama apabila ada masalah yang mengganggu.

2. Me-restartgadgetatau perangkat

Tips penting berikutnya adalah me-restart gadget yang digunakan, baik itu smartphone atau bahkan laptop. Anda tentu sudah mengetahui bagaimana cara untuk me-restart gadget yang digunakan, yaitu tinggal tekan tombol ON/OFF pada gadget kemudian pilih restart.

Namun, jika Anda menggunakan komputer, carilah menu ’Start’ lalu klik restart.

Cara ini akan benar-benar membantu Anda untuk me-refresh gadget sehingga koneksi internet kembali dalam kondisi terbaik.

3. Membersihkan cache

Persiapan berikutnya yaitu membersihkan cache dari perangkat yang digunakan.

Setiap kali Anda menggunakan internet, cache akan banyak menumpuk dan menyebabkan koneksi melambat. Anda perlu membersihkan cache secara rutin karena hal ini mempengaruhi koneksi internet Anda.

4. Tutup program yang tidak terpakai

Cara berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah menutup semua program yang sudah tidak terpakai. Apabila masih ada program yang menyala, hal ini bisa menyebabkan koneksi internet melambat. Sehingga, hasil uji kecepatan internet pun menjadi tidak akurat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page