Kinomaster

Millennials Take Over

obat flu untuk ibu menyusui

Ibu dapat dengan mudah merasa lelah saat sedang mengurus bayi. Dari rasa lelah yang berlebihan dan istirahat yang kurang, ibu dapat terkena flu. Disaat ibu terserang flu, ibu akan merasa lemas dan hanya ingin tidur lebih lama, tetapi disisi lain ibu harus tetap memberikan ASI kepada bayi.

Dalam mengatasi flu yang sedang dialami, ibu akan memilih minum obat tanpa resep dokter. Tetapi, ibu perlu perhatikan obat yang ingin dikonsumsi, karena terdapat beberapa obat yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Seperti obat yang memiliki kandungan pseudoephedrin atau phenylephrine. Kedua obat ini akan memberikan pengaruh pada ASI dan menyempitkan pembuluh darah. Jika sudah mengalami penyempitan pembuluh darah, maka dapat berpengaruh dengan produksi ASI.

Dengan begitu, ibu harus lebih selektif dan lebih cermat saat memilih obat. Terdapat banyak pilihan obat flu yang aman bagi ibu menyusui, jadi ibu dapat memilih kandungan dan dosis yang diperlukan. Jika masih ragu, ibu dapat lakukan konsultasi ke dokter agar lebih aman.

Jika ibu memilih minum obat tanpa resep dokter, berikut ini terdapat 7 merk obat flu untuk ibu menyusui yang ampuh, yaitu:

1. Vicks Vaporub

Balsam memberikan rasa hangat kepada tubuh. Ibu dapat menggunakan balsam vicks vaporub agar meringankan pernapasan yang terganggu selama flu, seperti hidung tersumbat dan mengurangi nyeri pada tubuh.

Penggunaan balsem vicks vaporub hanya digunakan dengan dioleskan di bagian tubuh yang ingin diobati.

2. Diphedipramine

Saat ibu terkena flu, bagian tenggorokan pasti akan terganggu dengan batuk dan menghasilkan dahak yang berlebihan. Obat diphedipramine dapat membantu untuk meredakan batuk berdahak.

Dosis yang dianjurkan untuk meminum obat diphedipramine yaitu bagi orang dewasa sebanyak 200-400 mg, lalu dikonsumsi selama 4 jam sekali. Batas maksimal penggunaan obat ini 2,4 gr per hari.

3. Inhaler Cap Lang

Untuk mengobati hidung tersumbat, ibu dapat gunakan inhaler cap lang dengan mendekatkan ke lobang hidung, lalu dihisap dalam-dalam. Dengan begitu, ibu dapat bernapas lebih lega dan memberikan sensasi sejuk.

4. Proris

Obat proris memiliki kandungan ibuprofen yang dapat mengatasi beberapa gejala flu, seperti sakit kepala, demam, dan nyeri otot. Proris dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui dengan aman, karena kandungan ibuprofen hanya masuk sedikit ke dalam ASI.

Namun, bagi ibu yang memiliki sakit maag atau asma, disarankan tidak mengonsumsi obat proris dan lebih baik cari obat flu lainnya.

5. Panadol

Obat panadol memiliki kandungan paracetamol. Panadol dapat mengurangi demam dan pusing yang terjadi saat mengalami flu. Ibu dapat meminum panadol tanpa resep dokter dan kandungan paracetamol hanya  akan terserap sedikit, jadi tidak akan memberikan pengaruh pada produksi ASI.

6. Laserin

Laserin mengandung bahan-bahan alami, seperti kulit kayu manis, daun sirih, cengkih, jahe, daun patikan kebo, kapulaga, daun saga, daun waru, daun poko, akar manis, dan madu. Seluruh kandungan dari obat laserin dapat mengobati gejala flu, seperti batuk, sakit perut, muntah-muntah, dan masuk angin.

7. Paramol

Obat paramol aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui tanpa resep dokter. Paramol dapat membantu mengurangi demam dan pusing yang terjadi saat flu, karena ada kandungan 500 mg paracetamol.

Sekian ulasan terkait merk obat flu yang ampuh untuk ibu menyusui. Ibu dapat meminum obat yang aman dan ampuh untuk mengobati flu, pastikan tidak berpengaruh pada produksi ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page