Pohon Yodium atau biasa dikenal sebagai pohon betadine, merupakan tanaman obat yang terkenal dapat menyembuhkan luka luar. Tanaman ini memiliki bentuk daun seperti daun pepaya yakni menjari, berwarna hijau cerah dan lancip di ujungnya.
Daun yodium memiliki banyak senyawa aktif yang dapat berperan untuk menyembuhkan luka. Di antara kandungan daun yodium yakni : Saponin, Tanin, Alkaloid, Fenol, Glikosida, Steroid, Flavonoid, Kamperterol, Stigmaterol, Alpha amirin, Beta-sitosterol, HCN, dan 7 alpha-diol.
Kandungan tersebut membuat tanaman yodium memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, Berikut manfaat Daun yodium bisa menyembuhkan luka :

1. Mengeringkan Luka

Luka yang ada pada permukaan kulit yang disebabkan oleh gesekan, goresan, ataupun luka lainnya yang menyebabkan berdarah dapat disembuhkan dengan tanaman yodium. Cairan yang keluar dari batang daunnya dapat mengeringkan luka sehingga dapat mendukung penyembuhan luka dengan cepat.

2. Menghentikan Pendarahan

Salah satu dari manfaat Daun yodium bisa menyembuhkan luka yakni dapat menghentikan pendarahan luar. Luka terbuka biasanya akan mengalami pendarahan ringan. Yakni proses keluarnya darah yang secara terus menerus namun dalam skala kecil. Dengan menggunakan cairan yang ada pada batang daun yodium maka perlahan-lahan pendarahan akan terhenti.

3. Mencegah keloid

Tidak semua orang mengalami proses keloid. Keloid yakni gangguan berupa daging tumbuh atau munculnya benjolan pada bekas luka yang disebabkan oleh proses penyembuhan yang tidak baik.
Keloid biasanya dialami oleh orang yang memiliki keturunan keloid. Jadi untuk mencegal hal tersebut, sebaiknya menggunakan cairan batang daun yodium saat terluka, agar keloid tidak dapat tumbuh dan terlihat pada permukaan kulit.

4. Mencegah Infeksi

Luka yang mengalami infeksi disebabkan oleh bakteri dan virus yang dapat berkembang dalam luka tersebut. Cairan batang daun yodium mengandung antioksidan yang dapat mencegah infeksi pada luka dengan cara membunuh kuman dan bakteri yang menyerang luka tersebut.

5. Meregenerasi Sel Baru

Sel kulit yang rusak akibat luka yang timbul dapat diregenerasi dengan cairan batang daun yodium. Dengan begitu luka yang terbuka akibat sayatan benda tajam ataupun goresan karena terjatuh dapat tertutp dengan sel-sel baru.

6. Mengobati Sariawan

Sariawan ternyata dapat diobati dengan daun yodium. Caranya yakni dengan meremas daun yodium yang telah dicuci sebelumnya, kemudian ditempelkan pada bibir yang mengalami sariawan.

7. Memudarkan Bekas Luka

Daun yodium memang terkenal dengan kemampuannya dalam menyembuhkan luka hingga tuntas, termasuk kemampuan memudarkan bekas luka. Bekas luka yang berwarna hitam, biasanya dapat mengelupas dengan sendirinya.
Namun dengan menggunakan daun yodium yang telah dihaluskan dan ditempel pada bekas luka, maka luka yang menghitam akan sedikit lebih cepat terkelupas tanpa menimbulkan luka baru.

Itu tadi manfaat Daun yodium bisa menyembuhkan luka. Namun bagi yang memiliki alergi, atau kulit yang sensitif, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter atau tenaga kesehatan lainnya. Agar terhindar dari kulit yang semakin terinfeksi atau memperparah luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *