Kinomaster

Millennials Take Over

absensi android

Dari sekian banyak hal yang harus diurus di perusahaan, absensi karyawan mungkin terdengar sepele. Dengan anggapan seperti ini, tidak mengherankan apabila masih banyak perusahaan yang menggunakan cara manual untuk mencatat absensi karyawan, begitu juga saat mereka mengajukan cuti.

Padahal, cara manual memiliki risiko error yang cukup besar, mulai dari salah memasukkan data hingga risiko keamanan. Di sisi lain, absensi karyawan pun sebenarnya dapat memberi efek yang cukup signifikan terhadap level produksi dan profitabilitas perusahaan.

Aplikasi absensi android mampu membantu untuk meningkatkan level tersebut. Anda akan merasakan sendiri berbagai manfaatnya di bawah ini.

4 Alasan Anda Harus Menggunakan Aplikasi Absensi Android

  • Otomatisasi Tingkatkan Akurasi dan Efisiensi

Tidak hanya rawan risiko, metode manual dalam mencatat absensi karyawan juga menghabiskan banyak waktu. Kabar baiknya, Anda bisa menghemat waktu tersebut dengan menggunakan aplikasi khusus.

Data dapat diimpor secara otomatis dari mesin absensi seperti fingerprint scanner. Artinya, Anda tak perlu lagi mengolah data secara manual dari mesin absensi ke data laporan bulanan atau tahunan.

Beberapa aplikasi absensi android bahkan juga dilengkapi fitur untuk pengajuan cuti, misalnya seperti Talenta. Karyawan bisa langsung mengajukan cuti atau izin tanpa harus meminta dan mengisi formulir terlebih dulu.

Nantinya, Anda juga dapat langsung menyetujui atau menolak pengajuan cuti melalui platform yang sama. Adanya otomatisasi seperti ini tentu akan meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

  • Data Up-to-date untuk Pengambilan Keputusan Strategis

Umumnya, aplikasi absensi android memiliki basis cloud. Artinya, seluruh data yang Anda masukkan pada aplikasi akan tersimpan di cloud. Selama Anda memiliki koneksi internet yang memadai, Anda pun bisa mengakses data tersebut dari mana pun dan kapan pun.

Tidak hanya itu, sistem cloud ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki data yang real-time dan up-to-date. Dengan data yang akurat, Anda pun bisa mengambil keputusan yang strategis.

Misalnya, melalui aplikasi Anda mengetahui bahwa karyawan A mengajukan cuti selama beberapa hari pada dua minggu lagi. Berkat sistem yang up-to-date, Anda bisa mengetahui informasi tersebut secepat mungkin.

Anda pun dapat segera menentukan langkah yang harus dilakukan selama karyawan A tersebut cuti nanti. Persiapan yang dilakukan sejak jauh-jauh hari tentu akan membuat Anda lebih tenang.

  • Manfaatkan Data Analisis untuk Mendeteksi Adanya Ketidakberesan

Dengan seluruh data yang terpusat pada satu sistem, Anda punya kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih strategis. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk segera mengetahui apabila terjadi ketidakberesan terkait absensi karyawan.

Contohnya, dari data yang dihasilkan aplikasi, terlihat bahwa karyawan pada divisi X punya tingkat absen lebih tinggi dari divisi lainnya. Anda juga bisa mengetahui alasan apa yang paling banyak mendasari karyawan saat harus mengajukan absen.

Hasilnya, Anda bisa mengambil tindakan yang lebih proaktif untuk menangani adanya ketidakberesan tersebut.

  • Bantu Menciptakan Lingkungan Kerja yang Produktif

Pada dasarnya, aplikasi absensi android bertujuan untuk membantu Anda mempersingkat proses yang tidak perlu sehingga dapat menghemat waktu. Tidak hanya terkait absensi, tapi juga hal-hal lain seperti pengajuan cuti, rekapitulasi data kehadiran, dan sebagainya.

Nah, dengan begini, Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal lain yang bersifat lebih produktif. Hal ini tidak hanya berlaku untuk divisi HR, tapi juga bagi seluruh karyawan di perusahaan yang menggunakan aplikasi tersebut.

Alhasil, seiring berjalannya waktu pun Anda bisa menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Tentu hal ini akan berdampak baik terhadap pengembangan bisnis Anda.

Mengembangkan suatu bisnis dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melalui penghematan waktu. Sistem otomatisasi berbasis cloud pada aplikasi absensi Talenta akan membantu Anda untuk mewujudkan hal tersebut.

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

  • Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.
  • Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

  • Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page