Kinomaster

Millennials Take Over

3 Keuntungan Menggunakan HR software Indonesia dibandingkan Cara Manual

HR software Indonesia – Yang membutuhkan sistem tidak hanya bagian keuangan saja namun bagian HRD atau Human Resources pun membutuhkan software satu ini. Alasannya karena HR ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat dan rumit. Banyaknya tugas dan tanggung jawab yang harus diemban oleh HR ini membuat tugasnya harus dibantu dengan menggunakan software otomatis. Tujuannya adalah agar semua proses bisa berjalan sesuai dengan harapan, meningkatkan produktivitas karyawan, dan lain sebagainya.

Yang membuat karyawan ini memiliki produktivitas kerja yang baik adalah adanya feedback yang diberikan perusahaan, pemberian pelatihan, pengembangan skills dan lain sebagainya. Pekerjaan HRD ini dari waktu ke waktu semakin bertambah dan akan semakin sulit karena harus mengelola dan menjaga semua data karyawan tersimpan dengan baik dan rapi.

Selama ini untuk menyimpan data karyawan ini banyak perusahaan menggunakan Excel padahal akan banyak kerugian yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Excel, berbeda jika Anda mengaplikasikan HR software ini. Simak beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengganti sistem Anda dengan HR software Indonesia seperti berikut ini:

 

Mengantisipasi Human Error

Keuntungan menggunakan HR software Indonesia adalah mengantisipasi human error. Jika Anda masih mengandalkan tenaga manusia untuk menangani semua proses HR ini bisa dipastikan kesalahan yang diakibatkan oleh manusia ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Dengan menggunakan HR software satu ini semua proses bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Jika Anda menggunakan sumber data yang sama Anda akan mudah mengintegrasikan semua sistem menjadi satu. Jika ada update atau inputan informasi maka informasi tersebut akan cepat ditampilkan ke sistem. Jika Anda masih menggunakan cara manual tentu untuk update atau input ini hanya bisa dilakukan satu per satu dimana human error bisa terjadi.

Sulit Mengetahui Data Up-to-date

Jika Anda masih menggunakan cara manual maka Anda akan kesulitan menentukan data yang up-to-date. Saat terjadi human error kendala lain yang dimiliki HR ini memiliki banyak berisi spreadsheet atau excel sering dibagikan ke divisi lainnya. Jika hal tersebut terjadi tentu akan ada perbedaan data untuk file atau dokumen yang sama. Anda akan kesulitan dalam menentukan mana data yang statusnya up-to-date. Cara manual juga akan menyulitkan dalam melakukan update karena harus mengupdate informasi satu per satu.

Gaji yang Tidak Sesuai

Kekurangan menggunakan cara manual adalah gaji yang tidak sesuai. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa untuk proses penggajian ini membutuhkan proses yang tidak sebentar. Dengan menggunakan cara manual ini penggajian tidak akan akurat dan bisa mundur dari jadwal dimana hal ini akan membuat karyawan menjadi kurang puas dengan performa perusahaan.

 

Kini sudah tidak ada alasan lagi untuk menggunakan cara manual. Jika perusahaan Anda masih menggunakan cara manual maka sudah saatnya Anda mengimplementasikan HR software Indonesia ini di perusahaan Anda karena banyak keuntungan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page